www.radiomdsfm.com

Switch to desktop Register Login

Server 1

Loading ...

Server 2

Loading ...

Aspek Pendirian

A. ASPEK PENDIRIAN

1. Latar Belakang

Sebagaimana dimaklumi bahwa kita telah memasuki era globalisasi informasi, MDS RADIO 91,3 MHZ hadir dalam rangka menyampaikan pesan-pesan Dakwah. Dunia dakwah adalah dunia cahaya dan lautan cahaya yang menerangi jiwa raga dan semesta dengan petunjuk risalah Rasulillah SAW. Gebyar dan gemerlapnya sebuah kota jika tidak dibarengi dengan petunjuk Risalah Rasulullah tidak akan membangun moral dan kemanusiaan. Maka risalah Rasulullah sebagi cahaya harus senantiasa di hadirkan seirama dengan setatus kemulyaan umat Rasulullah SAW sebagai (khoiro ummatin ukhrijat linnasi) umat terbaik yang dihadirkan oleh Allah ke muka bumi ini. Mulia karena mambawa cahaya, mengantar cahaya kepada yang membutuhkanya. Semua dari kita yang merasa umat Rasulullah SAW harus bisa mengambil bagian dari tugas dakwah ini. Siapapun kita, yang kaya yang miskin yang pandai dan yang bodoh selagi umat Rasulullah SAW ia harus berpartisipasi dalam kebaikan dan menjauhi kemungkaran.

Regulasi penyiaran yang ditandai dengan lahirnya Undang-Undang No. 32 tahun 2002, dan terbitnya Peraturan Pemerintah No 50 tahun 2005 tentang Penyelenggaraan Penyiaran yang memungkinkan lembaga penyiaran untuk lebih berperan aktif dalam menyesuaikan arah kebijakan penyelenggaraan penyiaran dengan mempertimbangkan perkembangan teknologi penyiaran, kecenderungan permintaan pasar, ekonomi, sosial, budaya, dan kondisi lingkungan lainnya yang diharapkan lebih memiliki daya saing dan nilai ekonomis sebagai siaran yang lebih berhasil guna.

MDS RADIO dengan ciri khas penyampaian pesan bersandarkan Dakwah bil hikmah dikonfigurasi dengan memadukan unsur Dakwah Islamiyah, informasi dan hiburan Islami dan seni budaya daerah. Formulasi tersebut disarikan kedalam motto MDS RADIO 91,3 MHZ “SPIRIT OF DAKWAH, BUDAYA,MUSIK & INFORMASI”.

Berangkat dari spirit diatas goal setting dari hadirnya MDS RADIO 91,3 MHZ, terciptanya komunitas pendengar loyal, produktif dan penuh ukhuwahbersemangat untuk terus memperbaiki diri menjadi Umat Terbaik yang dicintai Allah SWT.

Disamping itu MDS RADIO 91,3 MHz nantinya juga diharapkan mampu menjadi penopang serta mengakselerasikan dari proses komunikasi dan informasi yang ada di Kabupaten Tulungagung ini yang tidak hanya hiburan semata.

Tulungagung sebagai kota Guyub Rukun sangat membutuhkan Radio dakwah yang akan mendukung proses pembangunan dengan pembinaan akidah yang lurus dan akhlak yang mulia. Terlebih lagi saat ini di kota Tulungagung pada khususnya masih sangat jarang adanya radio dakwah.

Trend beberapa dasawarsa terakhir ini menunjukkan bahwa radio telah menjadi pilihan favorit bagi masyarakat untuk mendengarkan dakwah. Hanya saja hingga saat ini proporsi dakwah masih relatif kecil dibandingkan dengan total program yang disiarkan oleh radio. Artinya, hingga saat ini masih sangat sedikit ditemukan radio yang terfokus di bidang dakwah bil hikmah, dakwah lewat pengangkatan kebudayaan daerah, sebagaimana perkembangan yang terjadi didunia pertelevisian, seperti TV/radio News, TV/radio musik, dan lainnya. Keadaan ini merupakan peluang bagi dikembangkannya Radio Dakwah dan membuktikan kalau ISLAM Adalah Rahmatal lilalamin.

Didalam jam jam siaran dan acara bisa di sisipkan iklan baik lokal maupun nasional dimana akan mempunyai nilai profit.

Strategis dan pentingnya mengembangkan radio MDSFM ini tidak terlepas dari pertimbangan atas luasnya jangkauan yang dapat dicapai oleh siaran radio. Dengan jangkauannya demikian, radio mampu membuka akses yang lebih mudah bagi masyarakat untuk mendapatkan dakwah Islam dengan kemasan yang lain yang tidak meninggalkan unsur kebudayaan lokal. Dengan radio, setiap orang dapat mendengarkan dakwah, hiburan ,informasi, dimanapun dan dalam kondisi apapun. Pengalaman yang telah dilalui oleh beberapa radio di daerah lain yang terus berupaya fokus menjadi radio dakwah bil hikmah yang tidak terlepas dari unsur kebudayaan lokal, telah membuktikan kemudahan yang dapat diperoleh oleh masyarakat.

 

2. Maksud Pendirian

MDS RADIO 91,3 MHz didirikan dengan maksud untuk mendorong masyaraka unutk lebih banyak menerima informasi tentang perkembangan dan kemajuan daerahnya,memberikan pencerahan Informasi kepada masyarakat lewat dakwah yang tidak keras namun melalui dakwah lewat kebudayaan lokal sebagai bukti bahwa ISLAM ITU RAHMATAN LIL AMIN,memberikan kontribusi terhadap upaya pemerentah daerah dalam sosialisai/pelaksanaan program pembangunan.

 

3. Tujuan Pendirian

Adapun tujuan didirikan MDS 91,3 MHz yaitu untuk menjadi sarana komunikasi masyarakat yang mencerdaskan dan mensejahterakan kualitas kehidupan martabat manusia.

 

4. Visi

Menjadi stasiun radio dakwah, pendidikan dan informasi dalam menegakkan nilai ke Islaman, seni budaya tradisional Jawa Timur khususnya Tulungagung, terdepan dalam penyajian informasi serta edutainment yang bias berperan dalam peningkatan kesejahteraan kualitas dan martabat manusia.

 

5. Misi

  • a). Memberikan layanan dakwah Islam sebaik mungkin melalui konsep dan aktifitas On Air dan Off Air MDS RADIO 91,3 MHZ
  • b). Terbentuknya komunitas pendengar loyal MDS RADIO 91,3 MHZ yang pada akhirnya nanti mampu memberikan manfaat dunia dan akhirat.
  • c). Merangkul berbagai element masyakarat mulai dari pelajar, mahasiswa melalui sarana pendekatan sosial budaya, religius agar lebih mudah dalam melihat dan mempelajari ajaran Islam yang merupakan Rahmatan Lil Alamin.
  • d). MDS RADIO 91,3 MHZ menjadi katalisator terciptanya Sinergi dengan membangun kemitraan yang saling memberikan manfaat.
  • e). MDS RADIO 91,3 MHZ melalui aktifitas off air menjadi media branding dan distribusi terpecaya.

 

6. Gambar Umum Rencana Kerja 5 (Lima) Tahun Kedepan

Jangka Pendek (Tahun 2012 – 2013)

  • - Melakukan dan menjalin MDS RADIO 91,3 MHz sebagai media yang di dengar masyarakat minimum separuh warga Kabupaten Tulungagung.
  • - Melaksanakan Pendidikan dan latihan bagi seluruh karyawan untuk bersaing dengan radio yang sudah eksis
  • - Mengundang Konsultan Up Grading baik tentang kepenyiaran, keuangan, administrasi dan segala kegiatan kepenyiaran lainnya.

Jangka Menengah (Tahun 2013 – 2014)

  • - Mengembangkan kualitas SDM MDS RADIO 91,3 MHz menghadapi persaingan dengan competitor dengan mengikutsertakan pada acara acara workshop/seminar
  • - Menjalin komunikasi intensif dengan klien ataupun potensi klien sangat mungkin dilakukan dalam rencana jangka menengah.
  • - Meningkatkan jaringan kerjasama antar klien atau dengan instansi Pemerintah atau dengan lembaga-lembaga Perbankan.
  • - Melakukan pembenahan administrasinya dan melakukan Restrukturisasi Manajemen demi pengembangan MDS RADIO 91,3 MHz ke depan dengan SDM yang mempunyai kemampuan Multi Konsep radio sesuai target yang ditetapkan oleh perusahaan.
  • - Meningkatan Usaha menawarkan produk-produk( Program) unggulan juga perlu dilakukan, sehingga target 70% market share bisa dimiliki.
  • - Memperbanyak kegiatan Off air unutk meningkatkan target 70 % potensi iklan yang ada diwilayah Kabupaten Tulungagung.

Jangka Panjang (Tahun 2014 – 2016)

  • - Melakukan evaluasi dan perombakan-perombakan program baik On Air maupun Off air ,kegiatan kemasrakatan yang dirasa perlu demi meningkatkan kepuasan pendengar dan pasar.
  • - Meningkatkan kualitas Kru dan penyiar serta pengelolaan komunitas pendengar loyal dalam kegiatan kegiatan Off Air baik yang bersifay komersial maupun gotongroyong yang berfungsi sebagai corporate social responsibility .
  • - efektifitas dan efisiensi keuangan
  • - Memikat secara kontinyu total pendapatan sesuai proyeksi yang ditetapkan oleh perusahaan
  • - Meningkatkan kualitas teknik siaran dan pancaran dan kualitas audio.

Main Menu