www.radiomdsfm.com

Switch to desktop Register Login

Server 1

Loading ...

Server 2

Loading ...

Aspek Program

ASPEK PROGRAM

Mengingat kalayak pendengar yang menjadi sasaran MDS RADIO 91,3 MHz ditentukan berdasarkan keragaman segmen dikawasan jangkauan siaran serta pasar pendengar yang potensial, utamanya yang belum terlayani dengan baik oleh stasiun lainnya diwilayah jangkauan siar MDS RADIO 91,30 MHz maka dalam aspek program ini kami memandang perlu untuk melakukan perencanaan dan langkah berdasarkan:

1. Segmentasi Target Pendengar

Adapun segmentasi target pendengar di MDS RADIO 91,3 MHz berdasarkan klasifikasi atas demografi yang meliputi jenis kelamin, kelompok umur, pekerjaan selain itu juga berdasar geografi yang meliputi wilayah perkotaan, perkampungan, perdesaan perumahan penduduk.

Pendengar

Jenis Kelamin

Pendidikan

Usia

Pekerjaan

Pria

Wanita

:   40 %

:   60 %

100 %

SMP

SMA

Sarjana

:   30 %

:   30 %

:   40 %

100 %

< 20 th

20 – 29 th

30 – 39 th

40 – 49 th

> 50 %

 

 

:   15 %

:   15 %

:   30 %

:   35 %

:    5 %

100 %

Petani/Buruh

Karyawan

Wiraswasta

Professional

Ibu Rumah Tangga

Mahasiswa

:   35 %

:     5 %

:   10 %

:     5 %

:   35 %

:   10 %

100 %

 

Perencanaan program yang ada di MDS RADIO 91,3 MHz tentu melalui tahapan yang sangat mengutamakan aspek-aspek kontinuitas atau demi keberlangsungan masyarakat pendengar kami, juga tanpa meninggalkan bagaimana eksistensi kami diperhitungkan oleh kompetitor atau masyarakat secara luas, sehingga capaian atau target dari kami untuk memperoleh pendengar minimal separuh warga kota tercapai sengan adanya program yang berkesinambungan dan yang belum ada di radio kompetitor sehingga bisa dan langsung menyentuh masyarakat.Program acara di radio yang ada di kabupaten Tulungagung yang kebanyakan adalah hiburan dan Informasi saja yang tidak di imbangi program dakwah dimana masyarakat Tulungagung sudah merasa jenuh dengan beberapa hiburan, opini yang malah membikin stres sehingga Radio MDSFM hadir dengan Format yang berbeda yaitu Tausiyah dan hiburan riligi dengan kemasan SANTUN DAN SEJUK KAN HATI agar lebih mudah dalam melihat dan mempelajari ajaran Islam yang merupakan Rahmatan Lil Alamins dan ini merupakan modal pokok untuk hadir di kabupaten Tulungagung.

Indikator akan keberhasilan program atau acara di satu stasiun radio bisa diterima oleh masyarakat atau pendengarnya bila program atau acara itu sendiri memberikan gerak serta waktu untuk masyarakat atau pendengarnya bisa menyampaikan segala suatunya seperti misal bagaimana pendengar itu menyampaikan rasa terima kasih kepada instansi atau lembaga lainnya terhadap keluhan yang dialaminya ditanggapi, serta bagaimana pendengar bisa mendapatkan siraman rohani yang memang dirasakan kurang prosinya untuk media di tulungagung dengan mengunakan pendekatan program kebudayaan lokal.

Tentu bila capaian dimaksud bisa diraih dengan pengemasan dan ramuan sajian di MDS RADIO 91,3 MHz, dengan sendirinya stasiun radio MDS RADIO 91,3 MHz, akan bisa diterima oleh masyarakatnya. Masyarakat semakin cerdas memahami dan menilai suatu program atau acara yang ada, bila bagus dan mengena tentu akan diraih sebanyak pendengar.

Membangun image radio sangatlah sulit untuk diterima ditengah-tengah masyarakat, bila mana stasiun radio tidak mengindahkan kaidah pedoman perilaku penyiaran dan standart program siaran, tetapi sebaliknya tidak sulit untuk bisa diterima dimasyarakat bila stasiun radio memberikan ruang serta

gerak dalam penyampaian aspirasi serta keluhan radio memberikan ruang serta gerak dalam penyampaian aspirasi serta keluhan-keluhan masyarakat.

Kami dari MDS RADIO 91,3 MHz terus melakukan perubahan-perubahan yang dirasa perlu terhadap program yang tidak memberikan manfaat kepada khalayak masyarakat atau pendengar, dan kami membidik pendengar kami secara umum atau general dengan memadukan dan mengkolaborasikan berbagai etnis baik budaya lokal yang bernuansa budaya Jawa Timur maupun Nasional.

Potensi Umum

Kabupaten Tulungagung adalah salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Tulungagung terkenal sebagai satu dari beberapa daerah penghasil marmer di Indonesia, dan terletak terletak 154 km barat daya Kota Surabaya, ibu kota Provinsi Jawa Timur, adapun potensi di wilayah ini tercermin pada uraian data berikut :

1.1 Posisi dan Kondisi Geografis

Secara geografis Kota Tulungagung terletak diantara 111,43°-112,07° BT dan terletak antara 7,51°-8,08° LS

Dilihat dari posisi, wilayah Kota/Kabupaten Tulungagung berbatasan dengan wilayah-wilayah :

  1. Sebelah Utara : Kabupaten Kediri,Kertosono, Nganjuk, Jombang
  2. Sebelah Selatan : Samudera Indonesia
  3. Sebelah Timur : Kabupaten Blitar, Malang
  4. Sebeleh Barat : Kabupaten Trenggalek,Ponorogo, Madiun

1.2 Potensi Sosial dan Budaya

Sosial dan Budaya – Pada akhir 2006 jumlah penduduk di Kabupaten Tulungagung tercatat sebanyak 1.002.807 jiwa yang terbagi atas laki-laki 498.533 (49,71%) jiwa dan perempuan 504.274 (50,29%). Kepadatan penduduk terkonsentrasi pada 3 kecamatan yaitu Kecamatan Tulungagung, Kecamatan Kedungwaru, dan Kecamatan Boyolangu.

Tulungagung memiliki beberapa kesenian khas yang bisa dijadikan magnet untuk mengangkat pariwisata Tulungagung, di antaranya:

  • - Wayang Kulit Purwo/Ringgit Purwo
  • - Jaranan sentherewe
  • - Reog Kendang
  • - Tiban
  • - Jedor
  • - Kentrung
  • - Manten kucing
  • - Langen Beksan

Kesenian jaranan dan reog kendang serta wayang kulit bahkan mendapat dukungan yang luas dari mayoritas masyarakat Tulungagung untuk maju dan berkembang.dan disukai masyarakat sekitar bahkan sering ditanggap.

1.3 Potensi Ekonomi

Tulungagung terkenal sebagai salah satu penghasil marmer terbesar di Indonesia, yang bersumber di bagian selatan Tulungagung. Tulungagung juga termasuk salah satu pusat industri marmer di Indonesia

Tabel 1. Jumlah Industri Besar/Sedang dan Besar Nilai Tambah, 2010

 

 

 

Dan terpusat di selatan Tulungagung, terutama di Kecamatan Tanggunggunung, yang di dalamnya banyak terdapat perajin marmer.

Selain industri marmer, di Tulungagung juga tumbuh dan berkembang berbagai industri kecil dan menengah yang kebanyakan memproduksi alat-alat/perkakas rumah tangga, batik, dan konfeksi. Di Kecamatan Ngunut terdapat industri peralatan TNI seperti tas ransel, sabuk, dan makanan ringan seperti kacang atom. Di kelurahan sembung juga di kenal sebagai pusat industri krupuk rambak.

Pertanian – Komoditas-komoditas utana di bidang pertanian berupa padi, jagung, kedelai, kacang tanah, kacang hijau, ketela pohon, ketela rambat dan berbagai macam sayuran serta buah-buahan. Perkebunan – Potensi perkebunan Kabupaten Tulungagung terdiri dari :

- Perkebunan tembakau Perkebunan dan kehutanan yang menghasilkan komoditas-komoditas berupa : kelapa, pisang, dan sebagainya.

Tabel 1. Statistik Tanaman Pangan di Kabupaten Tulungagung

 

 

 

Sumber Data : Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Tulungagung. Peternakan

  • - Ternak kecil berupa : kambing, domba, sapi perah
  • - Ternak unggas berupa : ayam kampung, ayam ras pedaging dan petelur, serta itik

Perikanan

  • - Perikanan laut
  • - Perikanan air tawar

Pertokoan – Pertokoan yang berkembang di kawasan Tulungagung terdiri dari :mini market, toko, warung belanja dan outlet.

1.4 Pendidikan

Perkembangan pendidikan di Kabupaten Tulungagung dari tahun ke tahun mengalami peningkatan signifikan yang tercermin dari uraian berikut

Tabel 1. Sarana Pendidikan di Kabupaten Tulungagung, 2010

 

 

 

Sumber Data : Dinas Pendidikan Kabupaten Tulungagung

1.5 Hiburan

Hiburan adalah salah unsur penting dalam menentukan keberhasilan pengelolaan sebuah stasiun radio. Sarana-sarana hiburan yang sudah ada merupakan pesaing sekaligus mitra potensial bagi industri radio. Sarana hiburan yang sudah berkembang di Kabupaten Tulungagung, antara lain :

  • - Mini market dan pusat pertokoan
  • - Kafe dan restoran
  • - Gedung pagelaran (venue)
  • - Jalan / taman kota (taman bunga)
  • - Lapangan / lokasi kegiatan olah raga
  • - Media massa :

Media cetak yang beredar di Tulungagung :

  • * Koran : Jawa Pos, Surya, Kompas, dll
  • * Tabloid : Nyata, Bola, Nova, dll
  • * Majalah : Liberty, Tempo, Agrobisnis, Motor, dll
  • * Media Cetak Lokal : Radar Tulungagung dll

Media Radio :

  • * Liur FM
  • * Radio Joss FM
  • * Perkasa FM

Serta juga dengan macam dan ragam musik kami sajikan kepada khalayak pendengar sebagai representasi dan manajemen dalam memberikan rasa terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada masyarakat atau pendengar di MDS RADIO 91,3 MHz yang mempercayakan kepada kami dalam turut mencerdaskan kehidupan bangsa dan Negara melalui program pemberdayaan masyarakat dengan pemberian informasi dan hiburan secara ilmiah dan berimbang dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945.

Dan tidak lupa bahwa target segmentasi pendengar di MDS RADIO, kami juga klasifikasikan berdasar aktifitas, interest dan minat serta opini dari khalayak pendengar atau masyarakat di Kabupaten Tulungagung.

2. Proyeksi Pertumbuhan Pendengar Dalam 5 Tahun Kedepan

Dengan penyajian program siaran yang matang dan berkembang melalui proses evaluasi dan perbaikan serta ditunjang kematangan dan profesionalitas personal penyiar. Dalam waktu 5 tahun ke depan kami menargetkan pertumbuhan tau raihan pendengar usia 15 tahun hingga 45 tahun mencapai 90 persen atau 50 persen pada tahun pertama dan pertumbuhan pendengar 10 persen setiap tahun pada tahun berikutnya.

3. Format Siaran

Penetapan Acara siaran di MDS RADIO 91,3 MHz merupakan suatu hal yang sangat penting untuk dilakukan terus-menerus, dengan demikian acara yang tengah berlangsung dan cukup mendapat respon dari pendengar atau pihak pengiklan tentu akan dipertahankan. Sementara acara yang dirasakan telah cukup menua dan tidak ada perkembangan dan tidak ada respon untuk dirubah.

Format siaran di MDS RADIO 91,3 MHz dan penentuan prosentase didasarkan pada acara seperti acara pemberitaan atau jurnalistik dan acara topical serta acara musikal.

MDS RADIO 91,3 MHz dengan penguatan pada aspek hiburan akan menempatkan acara musikal pada porsi yang besar, sementara acara atau program yang orientasinya ke berita mendapat porsi ke dua dengan memberikan porsi pada acara jurnalistiknya, menempati urutan berikutnya adalah acara yang menampilkan dengan topik-topik tertentu.

4. Penggolongan Dan Prosentase Mata Acara Siaran

Program siar MDS RADIO 91,3 MHz Radio di bagi dalam 3 golongan masing-masing acara musikal, berita dan topikal dengan mengambil prosentase acara musikal lebih tinggi di banding 2 golongan lainnya dengan prosentase :

  • Acara Musikal : 20 % mengutamakan request dan bincang tipe
  • Acara berita : 20 % seputar info kota dan berita utama baik local maupun nasional
  • Acara Topikal : 20 % meliputi info konsumen berupa info Kesehatan, kuliner, olah raga, dan lainnya
  • Acara Religi : 40 % meliputi dialog Tanya jawab tentang permasalahan agama yang di kemas secara lokal.

Main Menu