www.radiomdsfm.com

Switch to desktop Register Login

Server 1

Loading ...

Server 2

Loading ...

Universitas NU Sidoarjo Diresmikan

Rate this item
(0 votes)

Sidoarjo, NU Online
Wakil Gubernur Jawa Timur Saifulah Yusuf meresmikan Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo (UNUSDA) di kampus setempat, Senin.

"Semoga dengan peresmian ini, Unusda dapat memajukan dan meningkatkan kualitas pendidikan di Jatim dan menjadi kampus yang terbaik, bergengsi, dan berkualitas," katanya di Sidoarjo, Senin.

Sebelumnya (1/8), Mendikbud Mohammad Nuh menyerahkan Surat Keputusan (SK) operasional untuk universitas yang beralamat di Jalan Monginsidi, Sidoarjo. SK itu diserahkan Mendikbud kepada Rais Syuriyah PCNU Sidoarjo KH Rofik Siradj di Pendopo Delta Wibawa Sidoarjo.

Penyerahan SK operasional itu dihadiri Dirjen Kemdikbud Prof Ir Yazidie, Wakil Gubernur Saifullah Yusuf, Bupati Sidoarjo Syaiful Illah, Wakil Bupati Hadi Sucipto, dan sejumlah pengurus PCNU Sidoarjo.

"Untuk menjadi kampus yang berkualitas dan bisa diterima oleh masyarakat tidaklah mudah, karena lembaga pendidikan yang baru ini harus memiliki ciri khas dari kampus lain supaya dapat bersaing secara baik," kata Wagub Jatim dalam peresmian itu.

Menurut dia, ada tiga syarat supaya Unusda bisa menjadi kampus yang besar, bergengsi dan berkualitas. Pertama, harus memiliki pemimpin yang baik dan amanah terhadap tugas serta memiliki tanggung jawab memajukan Unusda.

"Pemimpinnya tidak boleh malas karena jika pemimpinnya malas, maka manajerial kepemimpinannya yang jelek akan berdampak terhadap kinerja tenaga pengajar hingga ke mahasiswanya," katanya.

Kedua, kampus harus memiliki sarana infrastruktur yang baik. "Ini artinya, sarana dan prasarana kampus harus ditunjang dengan gedung dan fasilitas yang representatif, supaya mahasiswa dapat belajar dan menempuh pendidikan secara maksimal," katanya.

Ketiga, Unusda harus memiliki tenaga pengajar seperti dosen yang berkualitas dan saat ini banyak sumber daya manusia dari Nahdlatul Ulama yang memiliki kompetensi dan keahlian untuk memberikan ilmunya kepada mahasiswa.

"Dosennya harus lebih baik dan berkualitas, jangan memilih dosen yang malas dan tidak kredibel. Hal tersebut semata-mata dilakukan untuk meningkatkan kemajuan universitas," katanya.

Sementara itu, Bupati Sidoarjo Saiful Ilah mengatakan dengan diresmikannya Unusda bisa meningkatkan pendidikan dan daya saing generasi muda untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi.

"Masyarakat harus memiliki kepedulian untuk terus mengembangkan Unusda. Tanpa dukungan dari seluruh elemen masyarakat, mustahil Unusda dapat berkembang lebih jauh. Semoga lulusan Unusda kelak dapat menjadi pemimpin-pemimpin daerah dan pemimpin bangsa lahir dari kampus ini," katanya. (antara/mukafi niam)